Pemdes Sekotong Tengah,Lakukan Sosialisasi Pelaksanaan Pembangunan Kawasan Mangrove Tanjung Batu Dari Dana Kemendes PDTT RI.

  • Jul 10, 2021
  • Admin Desa Sekotong Tengah

 

Desasekotongtengah,-Pemerintah Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,melakukan kegiatan sosialisasi pelaksanaan pembangunan Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Tanjung Batu pada tahun 2021.Sabtu (10/7/2021).

 

Kegiatan pembangunan yang bersumber dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tersebut,rencananya akan dilaksanakan di bulan juli 2021 ini.

"Sebelum memulai pelaksanaan pembangunan,terlebih dahulu kami laksanakan kegiatan sosialisasi dengan mengundang berbagai pihak terkait,seperti Dispar,DPMD,TA,Camat,BPD,Kadus,Pokdarwisdan Lembaga desa "ungkap Lalu Sarappudin,Kades Sekotong Tengah ketika memberikan kata sambutan. 

Lalu sarappudin juga menjelaskan bahwa anggaran kegiatan pembangunan berupa traking,gazebo,toilet dan homestay di kawasan mangrove tanjung batu bersumber dari bantuan Kemendes PDTT RI pada tahun 2021.

"Alhamdulillah,melalui proposal yang kami usulkan bersama Dispar dan DPMD Lombok Barat dan juga atas dampingan Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Lombok Barat,Desa Sekotong Tengah mendapatkan bantuan dari Kemendes PDTT RI sebesar Rp.600jt untuk pengembangan Mangrove Tanjung Batu,"aku Miq Sarappudin.

Pada saat kegiatan sosialisasi hadir sejumlah pihak yakni Kadispar Lobar,H.Saepul Akhkam,Kadis PMD Lobar,Hery Ramadhan,Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Lombok Barat,Sekcam dan Kasi PMD Kecamatan Sekotong, BPD,Kadus,LPM,Pengurus Bumdes dan juga Pokdarwis serta KKN Pariwisata Mahasiswa Unram.

Sebelum kegiatan sosialisasi dimulai,diadakan Diskusi Seputar Pariwisata (Dispar) yang dipandu oleh Sekdes Sekotong Tengah dengan narasumber utama yakni Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat,H.Saepul Akhkam.

Dalam diskusi yang digelar hampir sekitar 20 menit tersebut,Kadispar banyak mengulas tentang prospek dan tantangan dunia pariwisata. 
"Destinasi pariwisata itu kalau boleh saya ibaratkan adalah seperti seorang perempuan.Dipoles sedikit saja apalagi banyak,dia akan tetap cantik,"ungkap Mantan Kabag Humas ini. 

Sementara itu,Kadis PMD Lombok Barat,Hery Ramadhan,dalam arahannya mendukung kegiatan kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh pemdes Sekotong Tengah. 

"Sesuai dengan namanya,Dinas Pemberdayaan Masyarakat,kami sangat mendukung kegiatan kegiatan pemberdayaan terhadap usaha peningkatan ekonomi masyarakat desa melalui berbagai program kegiatan,"ujar Hery Ramadhan. 

Lalu Wirajaya dan Syabilirrasyad yang merupakan Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Lobar,menjelaskan tentang bentuk kegiatan dan sumber anggaran pembanguan mangrove tanjung batu.Selain itu,kedua TA ini juga mengulas tentang struktur pelaksana yang akan melaksanakan kegiatan tersebut.Yakni kepala desa sebagai penanggung jawab serta Tim pelaksana kegiatan yang terdiri dari ketua,sekretaris dan bendahara serta 1 orang pengawas kegiatan.

Adapun yang ditunjuk sebagai pengelola kegiatan yakni Sekdes sebagai ketua,Ketua LPM sebagai sekretaris,Kaur Keuangan sebagai bendahara dan ketua BPD sebagai pengawas.(sid).