Sekotong Tengah Siap Menuju Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) 2024.

  • Apr 25, 2024
  • Admin Desa Sekotong Tengah

Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat terus berupaya memberikan kemudahan akses informasi kepada masyarakat Desa Sekotong Tengah.

Akses informasi yang diberikan meliputi berbagai bidang seperti kegiatan kegiatan pembangunan di desa,kegiatan kepala desa dan perangkat desa,bidang pelayanan publik,promosi pariwisata hingga pengenalan potensi potensi SDM dan SDA yang ada di wilayah Desa Sekotong Tengah,serta akses informasi anggaran penggunaan DD dan ADD.

Untuk memberikan kemudahan akses informasi tersebut serta pertanggungjawaban terhadap keterbukaan informasi publik,Pemerintah Desa Sekotong Tengah melalui Keputusan Kepala Desa Sekotong Tengah,Muhammad Burham,terus berupaya memberikan dukungan kepada PPID (Pejabat Pembuat Informasi Desa) yang sejak tahun 2017 telah terbentuk.

Menurut Ketua PPID Sekotong Tengah, Muhammad Rasid yang juga merupakan Sekdes Sekotong Tengah mengatakan bahwa kemudahan akses informasi bagi masyarakat desa disesuiakan dengan platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat serta sesuai kebutuhan masyarakat Desa Sekotong Tengah.

"Hampir semua platform media sosial kami gunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat,dan untuk mendukung pelaksanaannya telah dibentuk sejumlah lembaga penyampai informasi kepada masyarakat Desa Sekotong Tengah,"ucap Muhammad Rasid.

Disebutkan oleh Muhammad Rasid bahwa terdapat sejumlah akun media sosial yang dikelola oleh PPID dan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Desa Sekotong Tengah,diantaranya yaitu:

1.Website desa yang digunakan untuk publikasi kegiatan pemerintah desa dalam bentuk foto dan berita desa dengan alamat sekotongtengah.desa.id

2.Youtube,Instagram dan Tiktok dengan alamat Desa Sekotong Tengah dan KIM Sekotong TV dalam bentuk video.

3.Fanpage Fb dan Facebook Pemdes Sekotong Tengah,Sekotong Tengah TV,Media Center dan KIM Sekotong Tengah.

4.Grup FB yaitu Warta Desa Sekotong Tengah dan Pokdarwis Sekotong Tengah.

5.Radio Komunitas Ampera FM

6.Podcast KIM Sekotong Tengah

7.WAG Pemdes Sekotong Tengah

8.Fb Mangrove Sekotong khusus promosi wisata mangrove,dll.

9.Pemasangan Baliho dan Banner

 

Selain dukungan dalam bentuk kelembagaan,Pemdes Sekotong Tengah juga memberikan dukungan dalam bentuk penganggaran dalam upaya menjadikan Desa Sekotong Tengah sebagai Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) 2024.